Berita Online

Surat kabar hampir tidak terbiasa dengan berita yang disiarkan di televisi, ketika tiba-tiba munculnya internet membawa pukulan penting bagi industri surat kabar. Sebagian besar surat kabar belum mampu menahan serangan internet dan terpaksa ditutup. Mari kita lihat perbedaan mendasar antara surat kabar dan e-news.

Kelebihan berita online online

Keuntungan dari berita online terutama untuk pembaca. Beberapa keunggulan tersebut adalah sebagai berikut.

Berita elektronik jauh lebih cepat Berita Pantura daripada surat kabar. Saat sesuatu terjadi di belahan dunia mana pun, itu akan dipublikasikan di internet dalam hitungan detik. Dalam kasus surat kabar ada batas waktu tertentu untuk berita apa pun yang akan dilaporkan di surat kabar tertentu. Misalkan surat kabar dicetak pada tengah malam, apa pun yang terjadi setelah tengah malam kemungkinan besar akan diterbitkan pada hari berikutnya. Dalam situasi seperti ini surat kabar menawarkan berita basi kepada pembaca yang telah mengakses berita online.

Setiap surat kabar diterbitkan sekali, dua kali atau maksimal tiga kali sehari. Di sisi lain, e-news biasanya diperbarui beberapa kali dalam 24 jam.

Jika seseorang memiliki akses ke internet, seseorang tidak perlu menunggu kurir mengantarkan koran.

E-news dinilai menghemat kertas dan membantu pelestarian alam.

Kontra dari berita online

Berita online memiliki beberapa kelemahan tetapi itu terutama untuk penerbit surat kabar. Tarif langganan dan iklan sangat berkurang jika ada berita online. Ini berarti bahwa dengan meningkatnya jumlah pembaca berita online, pendapatan penerbit surat kabar turun drastis.

Cara agar surat kabar bertahan

Hanya ada beberapa cara yang dapat dilakukan surat kabar untuk bertahan dari pukulan e-news. Beberapa surat kabar mengenakan biaya berlangganan kepada pembaca yang suka membaca lebih dari apa yang ditawarkan secara gratis. Hanya ada tautan untuk “lebih” yang dapat diaktifkan dan beroperasi setelah membayar beberapa biaya berlangganan. Jika Anda tidak membayar langganan, tautan “lebih” tidak dapat diaktifkan.

Sebagian besar penerbit surat kabar telah menyadari bahwa jika mereka ingin surat kabar itu bertahan, mereka harus menerbitkan surat kabar di media cetak maupun online di internet.

IPad dari Apple telah membawa beberapa harapan untuk surat kabar. Ada aplikasi yang memungkinkan pengguna iPad untuk mengakses internet dan juga surat kabar.

Saat ini menjadi penting bagi surat kabar untuk membuat penawaran yang unik kepada pembacanya.

Cara lain bagi penerbit surat kabar untuk bertahan hidup adalah melalui blogging. Ada kemungkinan bahwa berlangganan berlangganan dapat mengurangi pendapatan yang dihasilkan tetapi pada saat yang sama juga terlihat bahwa blog yang unik dapat membawa banyak bisnis ke penerbit surat kabar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *