5 Langkah Mudah Bersihkan Mixer Agar Awet dan Tahan Lama

5 Langkah Mudah Bersihkan Mixer Agar Awet dan Tahan Lama

Penggemar baking tentunya memiliki mixer di tempat tinggal dong. Dengan mixer, aku pun bisa berkreasi mengakibatkan kue secara teratur tiap-tiap akhir pekan. Agenda baking pun terjadi lancar, praktis, dan efektif. Mixer memang amat menolong didalam sistem produksi kue.

Namun, bagian-bagian rumit terhadap mixer yang susah dibersihkan sering menjadi masalah. Mungkin kamu termasuk mengalaminya? Jika tidak dibersihkan bersama dengan benar, sisa bahan yang masih melekat dan jadi kering bisa meninggalkan bau, bakteri, meninggalkan karat, sehingga mixer menjadi tidak awet.

Agar awet dan tahan lama, mixer wajib dirawat bersama dengan langkah yang benar. Terapkan trick tersebut ini sehingga kamu lebih cepat dan gampang didalam membersihkan mixer.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mixer Terbaik dan Jenis-Jenis Mixer yang Ada di Pasaran

1. Cabut Kabel Listrik mixer kirin

Langkah pertama ini amat mutlak tetapi sering dilupakan. Cabutlah kabel listrik sebelum akan membersihkan mixer. Saat mencabut, pastikan tangan kamu kering. Sebab, air bisa menghantarkan listrik ke tangan anda. Jangan hingga tersetrum ya!

2. Pisahkan Antar Bagian Mixer dan Segera Cuci

Jangan abaikan mixer kamu setelah digunakan. Semakin lama ditunda, maka sisa adonan bakal mengeras dan susah dibersihkan. Selain itu, mixer yang kotor bisa mengundang serangga dan kuman penyakit untuk bersarang.

Pisahkan mangkuk, pengocok, badan, dan leher mixer. Lalu, langsung letakkan pengocok didalam mangkok mixer. Lakukan bersama dengan cepat sehingga adonan tidak menetes. Kemudian taruh ke daerah cuci piring.

3. Rendam bersama dengan Air Panas dan Sabun

Isi mangkok bersama dengan air hangat yang sudah diberi sabun. Supaya kotoran cepat rontok, tambahkan ekstrak jeruk nipis. Tunggu kurang lebih 3 menit hingga kotoran meluruh.

Gunakan spon yang lembut untuk gosok permukaan mangkok dan pengocok. Jangan pakai spon kasar berkawat. Karena, benda keras bisa menggores permukaan mixer. Setelah itu, langsung keringkan bersama dengan kain lembut dan disimpan.

4. Gunakan Sikat Gigi Bekas

Jika sisa adonan masih keras, pakai sikat gigi bekas untuk menggosok dan meluruhkan kotoran. Sikat gigi termasuk bisa membersihkan sela-sela pengocok dan bagian yang susah dijangkau, lho!

5. Bersihkan bersama dengan Kain Basah

Leher dan badan mixer memang muncul bersih. Tapi, selalu saja ada cipratan kecil adonan yang barangkali menempel.

Cukup lap daerah badan, leher, bawah, dan kurang lebih tombol mixer bersama dengan kain basah. Ingat, peras lebih-lebih dulu kain sehingga air tidak menetes ke mesin mixer. Akan lebih baik terkecuali pakai kain yang kekuatan serapnya tinggi. Sehingga, mixer bakal cepat kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *